Wisata Negeri Tuan Tapa – Aceh Selatan

No comment 103 views
banner 160x600
banner 468x60

[vc_row][vc_column width="1/1"][vc_column_text]Aceh selatan dikenal dengan keindahan pantainya yang menyajikan panorama paling menakjubkan. Seperti halnya dengan Pantai Air Dingin, adalah pantai yang landai sangat unik dan indah. Lokasinya berdekatan air terjun yang menawan di Kecamatan Samadua, sekira 17 km dari Kota Tapaktuan, Kab. Aceh Selatan. Selain pantainya yang mempesona, aceh selatan memiliki tujuan wisata lainnya yaitu Air Terjun Tingkat Tujuh, berupa air terjun bertingkat tujuh tingkatan. Tiap tingkatannya memiliki kolam untuk berenang. Lokasinya di Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan. Di sini pemandangannya sangat indah dengan pepohonan rindang cocok untuk rekreasi akhir pekan.
Disamping itu wisata spiritual juga ada di Aceh selatan yang dikenal dengan Makam Tuan Tapa, berlokasi di dekat Gunung Lampu, tepatnya di depan Mesjid Tuo, Gampong Padang, Kelurahan Padang, Kecamatan Tapaktuan. Pastikan Anda mengunjungi makam ini melihat panjang makamnya lalu bandingkan dengan tapak kaki sang petapa berukuran raksasa.

tuan tapa1

Pantai Tuan Tapa

tuan tapa2

Kuburan Tuan Tapa

Anda juga dapat mengunjungi wisata pemandian air dingin di daerah wisata Panjupian Kecamatan Tapaktuan. Tempat pemandian ini cocok dikunjungi bersama keluarga.
Selain menyajikan wisata alam yang menyejukkan Aceh selatan juga memiliki budaya seni Dabus Rapa’i Ngadap yang biasanya dilaksanakan di meunasah (mushalla) pada malam Jumat dengan menggunakan rapa’i atau gendang tanpa zikir. Dabus Rapa’i biasanya dilaksanakan pada upacara pernikahan dan perayaan lainnya, kesenian ini adalah gabungan antara seni tari dan ilmu metafisika yang mendemonstrasikan ilmu kebal.

tuan tapa3

Tapak Tuan Tapa

 

Ada juga Seni Teater Haba yang merupakan seni bercerita dalam bentuk puisi. Cerita rakyat, dongeng, ataupun legenda dituturkan dengan iringian alat musik suling, gendang, dan tetabuhan lainnya.
Sajian atraksi budaya lainnya adalah tari Ratoh Bantai, yaitu tarian yang digabung dengan nyanyian dibawakan 12 orang penari dan 1 syech sebagai pemimpin. Ada juga tarian serupa yaitu Rapa’i Galeng yang dinarikan 16 orang dan 1 orang syech.

sumber : https://ayokeaceh.wordpress.com/2012/08/05/wisata-negeri-tuan-tapa-aceh-selatan/[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Email Autoresponder swadaya
No Response

Leave a reply "Wisata Negeri Tuan Tapa – Aceh Selatan"