Es Boh Timon Gapu

No comment 66 views
banner 160x600
banner 468x60

timun-suri

MINUMAN yang manis adalah menu yang disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Minuman manis ini dibutuhkan untuk mengembalikan energi yang hilang setelah 12 jam lebih berpuasa. Salah satu minuman manis yang paling digemari saat berbuka yakni yang berhawa dingin. Bahakn bakunya bisa dikreasikan sesuai dengan selera. Paling sering ditemukan di beberapa acara buka puasa yakni es timur keruk dan es timun suri. Khusus es timun suri, banyak dipilih lantaran isinya telah mengandung hawa dingin sebelum ditambahkan es. Konon lagi bila dibubuhkan juga es batu dalam ramuan minuman ini, hmm… rasa dinginnya mengalir ke tenggorokan. Daging timun yang seperti sagu dicampur sirup manis dan es, sangatlah menyegarkan. Pada Serambi Kuliner edisi Sabtu ini, Azwani Awi menyajikan minuman yang dapat membantu Anda membuat olahan untuk menu berbuka puasa.(*)

Nikmati Kesegaran Saat Berbuka
TIMUN suri merupakan salah satu buah yang banyak muncul saat Bulan Ramadhan. Di Aceh, timun suri lebih dikenal dengan nama boh timon gapu. Artinya, buah timun kapur. Nama tersebut ditabalkan lantaran daging buah dimaksud mirip kapur dan tekstur daging buah yang lembut.

Sebagian ada yang menyebut boh timon wah. Nama ini dilabeli lantaran timun suri yang telah terlalu matang di pohon telah terbuka isinya, hingga berbentuk menganga. Itulah makanya disebut timon wah atau timun terbuka menganga.

Di bulan Ramadhan, timun suri sudah menjadi ciri khas tersendiri. Timon gapu ini memang menjadi andalan selain kurma dan buah lainnya.

Setelah puasa seharian, rasanya ketika berbuka ingin sekali menikmati minuman dingin untuk menghilangkan dahaga. Dari beragam menu minuman es yang ditawarkan, rasanya kurang lengkap bila berbuka puasa tidak ditemani oleh es buah yang satu ini.

Timun yang dikemas dalam pelepah pisang memang terbilang buah yang lunak. Selain rasanya yang segar juga sangat pas untuk minuman saat berbuka. Apalagi jika ditambahkan sedikit es tentu sangat terasa di tenggorokan.

Jika memakannya secara langsung, Anda akan disuguhkan sensasi memakan rasa tawar namun tetap segar. Apabila diramu dengan beberapa campuran bahan lainnya, rasanya akan sangat nikmat. Selain itu, terasa dingin di tenggorokan.

Salah satu menu yang sering disajikan sajian berbahan baku timun suri ini adalah minuman segar. Bisa dicampur dengan air kelapa atau santan. Bahkan, ada juga menambah gula putih. Akan tetapi, salah satu cara paling praktis yang sering ditemukan di rumah-rumah warga di Aceh, dengan mencampuri sirup manis plus es. Rasanya, hmmm… sangat nikmat dan dingin di dalam tubuh.

Selama Ramadhan, bahan bakunya mudah ditemukan di pinggir jalan dan pasar tradisional. Harganya pun sangat terjangkau, sekitar Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu per buah–tergantung ukuran.

Ya, es buah timun suri yang satu ini, selain rasanya segar dan lezat, juga cara membuatnya yang terhitung mudah. Anda juga bisa mengolaborasikan menu boh timon gapu dengan resep lainnya untuk sajian buka puasa di rumah. Mau coba?? (*)

RESEP
Bahan
– Timun suri 250 gr yang sudah dikeruk dagingnya.
– Air kelapa muda 1 buah dan isinya.
– Agar-agar jelly rasa buah 200 gr yang dipotong dadu.
– Sirup, rasa coco pandan atau sesuai selera secukupnya.
– Air putih matang 1 liter.
– Es batu secukupnya.

Cara Membuat
– Siapkan satu baskom atau tempat penyajian.
– Masukkan potongan timun suri.
– Tambahkan kelapa muda dan isinya.
– Masukkan agar-agar jelly.
– Tuang tiga sirup secukupnya.
– Aduk hingga rata.
– Tambahkan es batu.
– Es timun suri siap disajikan.

sumber : http://aceh.tribunnews.com/2014/07/26/es-boh-timon-gapu?page=1

Email Autoresponder swadaya
No Response

Leave a reply "Es Boh Timon Gapu"