Lestarikan Budaya, RRI Meulaboh Gelar Seni Budaya Aceh

banner 160x600
banner 468x60
 Tari-Saman

Meulaboh,BN-Guna melestarikan budaya Aceh, terutama budaya yang berasal dari pantai Barat Aceh, Radio Republik Indonesia ( RRI ) Meulaboh, gelar kegiatan seni dan budaya Aceh,sabtu (24/11)di Gampong Pasi Jambu Kecamatan Kaway XVI.

Kegiatan yang gelar, di halaman stasiun RRI Meulaboh tersebut, menampilkan beragam tarian Aceh, yakni tari Rapa*i saman, Rapa,i geleng, Ratep meusekat, Rapa?i debus, Seudati, dan tari kreasi Aceh bertema ,mumang, dan ,Hom,, tari pho, Pementasan komedi Aceh dan hikayat Aceh.

Kepala RRI LPP Meulaboh, Ahmad Bahari, kepada wartawan mengatakan, kegiatan yang dilakukan RRI tersebut, merupakan program salah satu program kegiatan RRI, sesuai dengan Visi dan Misi RRI, dimana salah satu tugas dari RRI merupakan mengembangkan dan menjadikan seni dan budaya bangsa sebagai perekat kehidupan berbangsa."Kalau kita di Aceh adalah tari- tari serta kebudayaan yang berciri khas Aceh," kata dia.

Selain itu Ahmad Bahari menambahkan, selama 4 Tahun kehadiran LPP RRI meulaboh, kegiatan ini merupakan kegiatan yang ke dua kalinya dilakukan, dan kegiatan tersebut kata dia akan rutin dilakukan setiap tahunnya.

Ahmad, menilai sejak beberapa tahun terakhir, seni budaya Aceh di Aceh Barat, sudah tak lagi menggema, pelaksanaan budaya Aceh, terutama tari- tarian Aceh sudah kurang diminati dan digelar oleh masyarakat yang ada di Aceh."Jika ini di biarkan maka dikwatirkan kedepan apa yang menjadi warisan nenek monyang masyarakat Aceh bisa punah, seiring dengan terjadinya pergeseran budaya Aceh," katanya.

Wakil Bupati Aceh Barat, H.Rahmat Fitri, HD, saat mengahadiri kegiatan tersebut, kepada wartawan mengatakan, seni budaya merupakan salah satu obyek wisata yang harus terus dikembangkan dan dilestarikan.

Menurutnya, saat ini kondisi adat dan budaya Aceh seperti tari- tarian, terutama di Aceh Barat, sangat memprihatinkan, padahal katanya, dulu adat dan budaya Aceh, merupakan alat komunikasi yang digunakan dalam syi,ar islam, dan lainnya.

Nanda menambahkan dulu Aceh Barat, sangat terkenal dengan jenis tari- tarian seperti rapa,i saman, rateb meusekat, Seudati, rapa,i geleng pernah menghantarkan Aceh Barat kepentas internasional, namun kini kian- hari kian meredup,terutama beberapa decade terakhir.

Melihat kondisi ini dia bersama Bupati Aceh Barat, H.T.Alaidinsyah, sesuai dengan visi, dan misi yang diemban, salah satunya dalam melestarikan budaya Aceh, akan bekerja semaksimal mungkin guna menghidupkan kembali, budaya Aceh, terutama khas Aceh Barat.(@rul)

sumber : http://bongkarnews.com/v1/view.php?newsid=3890

Email Autoresponder swadaya
No Response

Leave a reply "Lestarikan Budaya, RRI Meulaboh Gelar Seni Budaya Aceh"