Agama, Kekuatan Utama Menuju Sejahtera

No comment 46 views
banner 160x600
banner 468x60

SESUAI Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2012-2017, Bupati Jufri Hasanuddin dan Wakil Bupati Yusrizal Razali memiliki visi menjadikan “Kabupaten Aceh Barat Daya yang Islami, sejahtera, dan mandiri melalui pemberdayaan potensi daerah yang berbasis kearifan lokal.”

Visi islami diwujudkan melalui berbagai program keagamaan dan pelestarian nilai-nilai dasar Islam. Dukungan terhadap ulama pun menjadi komitmen Jufri. Tahun ini, 72 ulama diberangkatkan umroh secara gratis oleh Pemerintah Aceh Barat Daya.

Selain itu, Muzakarah Tauhid Tasawuf Asia Tenggara ke-3 juga difasilitasi dan diadakan di Blangpidie, Aceh Barat Daya. Seminar keagamaan berlevel internasional itu dibuka pada Jumat 6 Juni 2014, oleh Wali Nanggroe Malik Mahmud, diikuti sekitar 550 ulama yang tergabung dalam Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf (MPTT) dari sejumlah negara Asia Tenggara, dan berlangsung hingga Minggu, 8 Juni 2014.
Beberapa pakar dan ulama kondang yang hadir seperti Prof Dr Syekh Mehmet Fadhil Al-Jailani. Pimpinan Al-Jailani Centre Istanbul Turki ini merupakan keturunan Syekh Abdul Qadir Al-Jailani, ahli tafsir dan pimpinan ulama sufi terkenal.

“Muzakarah Tauhid Tasawuf Asia Tenggara ini sudah tiga kali digelar. Pertama di Meulaboh tahun 2010, kedua di Selangor Malaysia tahun 2012, dan ketiga, atas permintaan Bupati Jufri Hasanuddin dilaksanakan di Blangpidie,” ujar Abuya Syekh H Amran Waly Al-Khalidy, Pimpinan Pusat Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf Asia Tenggara.

Jufri bangga dan merasa mendapat kehormatan dipercaya melayani ratusan ulama dan tokoh agama melaksanakan muzakarah tersebut. Pemerintah Aceh Barat Daya, kata dia, berkomitmen mendukung pelaksanaan syariat Islam. Bahkan, dengan komitmen dari Pemerintah Arab Saudi, sebuah pusat kajian Islam hingga kini masih terus diproses untuk dapat segera didirikan di Aceh Barat Daya.

Sebelum muzakarah Tauhid Tasawuf Asean ke-3 digelar, Pemerintah Aceh Barat Daya juga dinilai sukses menggelar Seminar Ilmu Tauhid, Fiqih, Tasawuf dan Tawajjuh se-Aceh pada Maret 2014 di Dayah Darul Ulumuddiniyah. Saat penutupan Muzakarah, Bupati Jufri akan mengupayakan ke Pemerintah Aceh agar tauhid-tasawuf dapat dimasukkan ke dalam kurikulum lembaga pendidikan.(*)

Sumber: http://aceh.tribunnews.com/2014/08/22/agama-kekuatan-utama-menuju-sejahtera

Email Autoresponder swadaya
No Response

Leave a reply "Agama, Kekuatan Utama Menuju Sejahtera"